Sofifi, bidiklampung.com — Setelah sukses mengamankan pasokan listrik untuk acara PON XX Papua, kini PLN kembali berkontribusi aktif dalam mensukseskan acara tingkat nasional, yaitu Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI di Sofifi, Provinsi Maluku Utara.

Acara yang dihadiri para jagoan Tilawatil Qur’an se Indonesia ini resmi dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di Masjid Raya Sofifi pada hari Sabtu (16/10). STQ akan berlangsung mulai 16 Oktober hingga 22 Oktober.

Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa STQ Nasional XXVI merupakan upaya mengenalkan Islam moderat, mendekatkan Al-Qur’an kepada masyarakat serta menggali makna holistik dalam kehidupan.

“Dengan jumlah insan tilawah Qur’an yang besar dan terbesar di seluruh pelosok negeri, mereka adalah mitra strategis Kementerian Agama dalam penguatan peran agama ditengah kancah pembangunan nasional,” ujar Yaqut.

STQ sendiri merupakan ajang bergengsi bagi para Tilawatil Qura’n dalam membumikan Al-Quran. Seleksi Tilawatil Qur’an adalah perlombaan yang melombakan sebagian cabang MTQ. Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah al- Qur’an, dan hafalan al-Hadits.

Berbagai pihak turut berkontribusi dalam suksesnya pembukaan STQ Nasional XXVI Sofifi, salah satunya yakni PLN yang turut sigap dalam menyediakan dan mengamankan pasokan listrik yang andal.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerjasama dan bahu membahu dalam menyukseskan pembukaan perhelatan STQ ini.

“Selayaknya pembukaan PON XX Papua kemarin, alhamdulillah kami juga berhasil menjaga keandalan listrik untuk pembukaan STQ ini. Kami pun berkomitmen dalam menjaga keandalan pasokan listrik tidak hanya di pembukaan STQ saja namun sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Sofifi secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung,” ujar Syamsul Huda.

Syamsul Huda juga menambahkan, PLN sejak awal telah menyiapkan pengamanan sistem berlapis baik pasokan dari infrastruktur pendukung dan juga pasokan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Sofifi sebagai backup system.

“Semangat kami juga adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik dan pasokan listrik yang cukup maupun andal tanpa kedip baik saat pembukaan maupun di titik-titik pelaksanaan perhelatan STQ”, tambah Syamsul Huda.

Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,2 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,7 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW.

Guna mengamankan pasokan kelistrikan, PLN pun menyediakan 7 unit uninterruptable power supply (UPS) masing-masing berkapasitas 30 kilo Volt Ampere (kVA) sebanyak 2 unit, 100 kVA sebanyak 2 unit dan 200 kVA sebanyak 3 unit serta ditambah dengan 5 unit gardu bergerak (UGB) berkapasitas 250 hingga 400 kVA dan juga 12 unit genset berkapasitas 48 kW hingga 250 kW yang akan ditempatkan di masing-masing venue STQ Nasional.

Selain itu, PLN juga menambah jumlah personil siaga kelistrikan dalam gelaran STQ Nasional XXVI di Sofifi tersebut yang sebelumnya berjumlah 115 personil menjadi 285 personil yang akan disiagakan pada enam lokasi pelaksanaan selama gelaran STQ Nasional XXVI di Sofifi, Provinsi Maluku Utara.

Para personil tersebut telah bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 7 Oktober hingga nanti tanggal 24 Oktober 2021.

“Sesuai dengan komitmen kami dalam menjaga keandalan listrik selama perhelatan akbar STQ Nasional di Sofifi ini, maka kami menambah lagi personil yang akan bersiaga selama gelaran STQ ini berlangsung”, tutup Syamsul Huda. (*/Red)

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *