Jakarta, bidiklampung.com – Satu lagi karya terbaik anak bangsa akan segera diluncurkan, yaitu jobseeker.app. Inilah aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh para pencari dan pemberi kerja saat ini. Apalagi selama pandemi Covid-19, BPS (Agustus 020) mencatat angka “Tingkat Pengangguran Terbuka” (TPT) Nasional mencapai hampir 10 juta orang.

Bahkan dampak pandemi Covid-19 terhadap Penduduk Usia Kerja telah dirasakan oleh hampir 30 juta orang se-Indonesia yang diantaranya dikurangi jam kerjanya hingga harus dirumahkan.

Dalam keterangannya pertengahan tahun ini, Bappenas menyebut, dampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu telah memberikan tekanan besar kepada sektor Ketenagakerjaan Indonesia. Dalam catatan Bappenas, sebanyak 26% tulang punggung keluarga berhenti bekerja, Kemudian sekitar 50% mengalami penurunan pendapatan.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut ada 34 juta tenaga kerja di sector pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak pandemi Covid-19. “Namun, harus tetap optimis untuk tetap bangkit. Jangan hanya bertahan, tapi juga mampu mengambil peluang dan menjadi pemenang,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengajak pelaku usaha pada sektor tersebut untuk menciptakan peluang baru dan meningkatkan kapasitas diri.

Merespon kondisi tersebut, pemerintah berkomitmen untuk menekankan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan secara holistik dan terintegrasi. Di antaranya melalui penyediaan sistem informasi pasar kerja yang kredibel dan berkelas.

“Kebutuhan masyarakat yang saat ini tengah berusaha mencari pekerjaan ataupun perusahaan-perusahaan yang mulai bangkit untuk kembali beroperasi, sebentar lagi akan terpenuhi dengan hadirnya jobseeker.app, sebuah platform yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan metode yang sangat sederhana pula,” ujar Chandra Ming, Founder & CEO jobseeker.app

Peluncuran jobseeker.app ini dilakukan bersamaan dengan diselenggarakannya “Virtual Job Fair” yang diikuti oleh lebih dari 50.000 Kandidat, 5.000 UKM, 500 Praktisi HR serta 500 Media & Partner. Bahkan, acara ini juga didukung oleh Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia dan juga Facebook.

BACA :  Optimis Hadapi Pandemi Covid 19 Menebar Nilai Ulama, Muhammadiyah berusia ke -109 Tahun

Kehadiran jobseeker.app di tengah masyarakat yang tengah membutuhkan kesempatan-kesempatan baru, demi meraih kehidupan yang lebih baik dengan cara yang lebih cepat, disambut positif oleh Facebook.

Namrata Kohli, Jobs Partnerships, APAC & EMEA Facebook, menyatakan, “Facebook memiliki semangat yang sama dengan jobseeker.app untuk memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19 ini”.

Peluncuran jobseeker.app dan Virtual Job Fair ini berjalan sukses dalam acara Webinar yang diselenggarakan 8 November 2021, pukul 10:00 WIB dengan menghadirkan para pembicara seperti Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Kemenparekraf/Baparekraf), Chandra Ming (Founder & CEO of jobseeker.app), ita Irawan Wirjawan (Advisor of jobseeker.app) dan Helmy Yahya (Advisor of jobseeker.app).*

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *