Bandarlampung, bidiklampung.com – Muhammadiyah berusia ke-109 tahun pada tanggal 18 November 2021. Milad kali ini mengangkat tema Optimis Hadapi Pandemi Covid-19: Menebar Nilai Utama.

Marilah seluruh warga bangsa terutama dalam masa pemulihan Covid-19 ini terus menjaga semangat optimisme, kebersamaan, menguatkan nilai-nilai yang memperkuat kebersamaan dan menghindari nilai-nilai yang merusaknya.
Optimisme yang menjadi modal bagi bangsa ini untuk mengatasi kondisi sekarang harus dibarengi dengan kewaspadaan dan kehati-hatian.

Dikutip dari muhammadiyah.or.id, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkap tiga value atau nilai-nilai luhur yang dimiliki Indonesia.

Pertama, Agama. Indonesia ini beragam agama tetapi perjalanan agama di sini itu harmonis. “Kita berbahagia juga bangga dan bersyukur bahwa agama itu hidup dalam realitas dan kebudayaan bangsa kita. Patokan itu kuat sampai sekarang,” tegasnya.

Kedua, kebudayaan dari daerah satu ke daerah lain beragam daerah membentuk kebudayaan nasional. Satu di antaranya bahasa Indonesia yang diambil dari suku terkecil yakni suku Melayu.

Ketiga, Pancasila. Pancasila itu cerminan dari Indonesia yang beragama dan kebudayaan luhur yang bersenyawa dengan ilmu. Haedar menerangkan bahwa Pancasila lahir dari kearifan titik temu semua termasuk golongan Islam yang mengayomi minoritas. Pancasila merupakan hasil dari kearifan budaya dan agama.

“Bangsa Indonesia landasannya kokoh, punya nilai agama, budaya, dan Pancasila. Itulah yang akan menjadi penyaring dari perubahan zaman,” terang Haedar.
Pemprov Lampung:
www.lampungprov.go.id
(SHW)

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *