Bandarlampung, bidiklampung.com – Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam sambutannya pada acara Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 mengatakan kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung yang menyelaras kan kehidupan, baik terhadap lingkungan nya maupun sang pencipta alam semesta.

Menurutnya, kain tapis dianggap sebagai kain yang memiliki makna simbolis yang sangat mendalam sebagai lambang kesucian dan wujud kepercayaan kepada sang pencipta alam, Rabu, (24/11).

“Zaman dahulu kain tapis dipakai hanya untuk kalangan eksklusif dan digunakan dalam upacara adat Lampung yaitu Lampung saibatin dan pepadun, namun seiring perkembangan zaman kain tapis telah berkembang menjadi fashion yang kreatif dan modern dan bernilai ekonomi tinggi mulai dari aksesoris, busana, dan interior yang unik dan berkualitas,” tutur Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal juga menjelaskan bahwa Kemilau Tapis 2021 menjadi sangat penting bagi Provinsi Lampung sebagai momentum kebangkitan bagi industri kreatif Provinsi Lampung dalam mengangkat budaya unggulan Lampung dengan dukungan masyarakat Lampung dan partisipasi perajin serta mitra.

“Dengan seringnya ajang pameran kriya terutama kain tapis dalam beberapa tahun ini, menunjukkan perkembangan yang sangat positif, hal ini tidak terlepas dari perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan mitra UMKM pengrajin Lampung dalam memajukan tapis di Bumi Ruwa Jurai,” tutupnya.
(SHW)

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *