Metro, bidiklampung.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengunjungi berbagai kegiatan di Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro, Minggu (28/11/2021).

Didampingi Kadis PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, di Pasar Kuliner Payungi, Menteri PPPA Bintang Puspayoga membuka Sekolah Penggerak Perempuan, pameran lukisan tema feminisme, live mural.

Pasar Payungi tidak hanya menjadi sarana jual beli, tapi juga mendukung berbagai aktivitas warga untuk mengasah bakat kewirausahaan, tanpa melihat jenis kelamin, usia, dan latar belakang.

Hadir dalam acara Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPA RI Leni Nurhayanti, Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Nahar, anggota DPR RI Komisi VIII I Komang Koheri, Walikota Metro, Wahdi Sirajiddin, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, Ketua TP PKK Kota Metro.
 
Menurut Bintang Puspayoga, pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) merupakan indikasi utama dari kesejahteraan bangsa. 

Indonesia sendiri memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar. Pada tahun 2020, penduduk Indonesia berjumlah 270,3 juta jiwa, dengan penduduk perempuan mengisi hampir setengah dan anak mengisi satu per tiganya.

Cita-cita menuju kesetaraan sudah tercantum dalam Pancasila dan UUD RI 1945. Sayangnya, saat ini, masih terdapat kesenjangan dalam pemerataan proses pembangunan dan penerima hasil pembangunan.

Kesenjangan ini menyebabkan berbagai pihak menjadi termarjinalkan, terutama bagi kelompok rentan seperti perempuan dan anak.

Menteri PPPA RI menyebutkan bahwa kesenjangan perempuan dan anak dalam mengakses, berpartisipasi ikut menentukan arah pembangunan, serta menikmati manfaat pembangunan dapat terlihat dari berbagai indeks dan data.

Tentunya, hal ini menjadi keprihatinan bagi kita semua. Apalagi, menurut berbagai sumber dan hasil penelitian, pandemi Covid-19 yang hingga sekarang masih kita hadapi juga menempatkan kelompok rentan pada posisi yang lebih rentan. (Diskominfotik Provinsi Lampung)
(SHW)

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.