SDN 1 Sidodadi

Lampung Selatan, bidiklampung.com – Wali Murid SDN 01 Sidodadi Kecamatan Sidomulyo Keluhkan Bantuan Dana PIP Dipotong Dengan Dalil biaya administrasi.

Program Indonesia pintar ( PIP ) melalui kartu Indonesia pintar ( KIP ) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin, dan PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program bantuan siswa miskin ( BSM ) , Program Indonesia pintar adalah merupakan sasaran prioritas dalam konsepsi nawacita yang ditawarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, salah satunya akan diwujudkan melalui program “Indonesia Pintar”, program tersebut akan diwujudkan melalui wajib belajar 12 tahun, bebas PUNGUTAN, dimana setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, pemerintah wajib hadir dalam memberikan pendidikan kepada anak usia sekolah.

PIP juga merupakan bantuan pemerintah buat siswa yang kurang mampu, Program Indonesia pintar ( PIP ) yang seharusnya diterima siswa, bukannya dibagikan kepada siswa yang berhak, malah pihak sekolah SDN 01 sidodadi kecamatan sidomulyo lampung selatan memotong dana PIP bervariasi antara 25 ribu sampai 30 ribu per wali murid yang mendapatkan dana PIP di tahun 2020 sampai 2021.

Dalam hal ini Diduga sudah menyalahi aturan, dana PIP yang seharusnya buat kepentingan siswa dimasa pandemi sekarang untuk membeli keperluan sekolah.

Orang tua murid sekolah SDN 01 sidodadi,” menceritakannya bahwa kami disuruh pihak sekolah untuk datang ke sekolah untuk pengambilan dana PIP,” papar salah satu orang tua siswa yang enggan disebut namanya Rabu 30/12/2021.

Lebih lanjutnya dia sumber mengatakan, saya disuruh jangan bicara kepada siapapun perihal adanya pemotong, uang PIP yang seharusnya siswa dapatkan sekitar Rp 450rb, tapi pada kenyataannya yang diterima siswa hanya Rp 420.000, dengan alasan yang diberikan buat biaya administrasi” Jelasnya.

BACA :  Plh. Sekda Kota Bandar Lampung Buka Pelatihan Motif dan Desain Batik Lampung

Kami sangat menyayangkan, dimana saat sekarang ini masyarakat sedang sulit sulitnya karena pandemi Covid-19 masih melanda dinegeri kita kok masih ada oknum kepala sekolah yang tega menyunat hak murid, belum suami saya terkena PHK bisa dibayangkan betapa susahnya untuk mencari kebutuhan hidup,” Tegas dia.

Wali murid menyesalkan pihak sekolah, anaknya mendapatkan dana PIP hanya Rp 420,000 padahal dimasa pandemi seperti sekarang ini kita semua pasti memerlukan bantuan dana tersebut untuk mengurangi beban siswa, dan yang paling tidak masuk akal lagi, penyampaiannya tidak melalui musyawarah dahulu, namun justru pihak sekolah tidak boleh bilang ke siapapun terkait pemotongan tersebut,” Tandasnya.

Bedal lagi dgn salah satu wali murid yang menjelaskan bahwa anak saya ada yg sudah smp masih mendapat PIP dr sd sido dadi tapi di kenakan potongan 25rb.untuk administrasi, dan dia minta nama nya jangan di publikasikan.

Kami dari awak media mengkonfirmasi dari pihak dinas pak asep mengatakan bahwa hal tersebut sudah menyalahi aturan dan melanggar, jelas nya,dan pak asep minta kami untuk bertemu dengan ibu nur karna dia kabid PIP saran nya.
Lalu kami mencoba mengkonfirmasi beliau”memang itu sangat tidak di perbolehkan karna itu ada sangsi nya”nanti sy akan panggil kepala sekolah nya,kita dengar dulu jawaban dari kepala sekolah, apa alasan nya memotong dana bantuan PIP,yang seharus di berikan utuh ke pada murid,dan bahkan murid seharus nya ngambil sendiri di bank bukan dari pihak sekolah, jelasnya.

Dalam menanggapi hal ini, kami minta kepada Dinas terkait dalam hal ini dinas pendidikan kabupaten lampung selatan, untuk segera turun untuk melakukan klarifikasi ke lapangan, agar menindaklanjuti permasalahan diatas, supaya memberikan sangsi terhadap oknum tersebut.

BACA :  Walikota Bandar Lampung serahkan dana Operasional bagi kepala Lingkungan, RT dan Limas

Di saat kami awak media konfirmasi di rumahnya kepada kepala sekolah SDN 01 Sidodadi, mengatakan bahwasanya kami dari pihak sekolah tidak pernah menyuruh memotong dana PIP, dari total penerima PIP berjumlah 363 siswa dan bahkan sy tidah tau menau masalah dana tersebut karna sudah sy serah ke operator sy yg bernama lia.“Ujarnya. (Farida)

admin

Owner PT JAPUNG MEDIA JAYA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.